Selasa, 29 Mei 2012

TERMINAL KENDARAAN



Terminal adalah tempat pemberhentian bus yang juga untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Selain itu terminal juga merupakan suatu tempat pertemuan antara kendaraan umum  antar kota dengan kendaraan umum pedesaan.
Kendaraan umum yang dijelaskan disini adalah bus, mikrolet ataupun juga yang lainnya. Terminal ini juga dapat dikatakan sebagai tempat perhubungan antara satu kota dengan kota yang lain ataupun juga antara kota dengan daerah pedesaan. Perhubungan ini dapat diinterpretasikan melalui kendaraan umum baik itu antar kota ataupun juga antar desa.
Terminal dapat dikategorikan ke dalam beberapa tipe yakni
a.      Terminal Tipe A
Terminal ini merupakan suatu terminal yang melayani kendaraan antar kota ataupun juga antar propinsi dan bahkan pula antar negara. Selain itu di terminal tipe A ini kita dapat menemukan beberapa kendaraan disini seperti bus antar kota, antar propinsi, bus kota, dan bahkan pula mikrolet yang melayani trayek pedesaan. Selain yang disebutkan di atas, terminal tipe A juga memiliki beberapa fasilitas penunjang kenyamanan penumpang untuk menunggu kendaraan umum ataupun juga kendaraan umum yang untuk menunggu penumpang. Fasilitas itu antara lain loket yang menyediakan berbagai tiket kendaraan umum ke segala jurusan, tempat keberangkatan ataupun juga kedatangan kendaraan, ruang tunggu bagi calon penumpang dan juga sarana dan prasarana yang lain seperti toilet, dan juga kantor terminal yang didalamnya terdapat beberapa ruangan yang memiliki berbagai fungsi berbeda seperti untuk mengawasi kendaraan dan untuk mengatur keberangkatan kendaraan.
Contoh Terminal Tipe A :  

      

b.     Terminal Tipe B
Terminal ini lebih kecil daripada terminal Tipe A dan juga sarana dan prasarananya tidak sebegitu lengkap seperti terminal tipe A. Terminal tipe B ini hanya untuk melayani kendaraan antar kota dalam propinsi dan kendaraan antar pedesaan. Perbedaan yang mencolok lain adalah tidak adanya loket yang melayani karcis.
Contoh Terminal Tipe B :
  


c.      Terminal Tipe C
Terminal ini merupakan terminal terkecil yang hanya melayani kendaraan antar desa saja dan fasilitasnya hanya beberapa saja. Agar terminal tipe ini tidak sepi biasanya disebelah terminal terdapat pasar yang juga untuk mempertemukan pedagang dan pembeli. Selain itu di terminal tipe ini juga banyak kendaran-kendaraan seperti becak, ojek ataupun juga yang lainnya untuk menunjang keberlangsungan terminal tipe C ini.
Contoh terminal tipe C :
Foto.3.Terminal_Type_C.JPG  Terminal Tipe C.JPG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar