Rabu, 04 Juli 2012

Karoseri


Karoseri berasal dari bahasa Belanda Carrosserie adalah rumah-rumah kendaraan yang dibangun di atas rangka/chasis mobil atau chasis khusus bus ataupun truk.
Pada awalnya karoseri di Indonesia menggunakan rangka kayu, yang dilapisi dengan plat logam tipis. Industri ini berkembang dengan sangat pesat pada tahun 1970an, dan pada saat itu banyak mobil penumpang ataupun minibus yang dibangun dari pickup, termasuk juga pembuatan bus dari chasis truk.
Teknologi baru dalam pembangunanan karoseri adalah Monocoque yang mempunyai tingkat keselamatan yang lebih tinggi serta kenyamanan yang lebih baik, dan penggunaan bahan-bahan ringan dan kuat seperti aluminium, kaca serat termasuk serat arang (Carbon fibre). Dan disini saya akan mencoba membahas sedikit mengenai karoseri atau tepatnya karoseri bus yang sekarang ini sudah banyak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Ada banyak Karoseri yang ada di Indonesia, namun di blog ini saya hanya akan membahas beberapa saja.
A.    Karoseri Tentrem
Alamat  di Jl. Desa Tunjung Tirto Rt.05/10 Karanglo
Singosari - Malang - Jawa Timur
Kalau mendengar nama Tentrem pasti yang ada di benak kita pasti itu merupakan nama bus. Ya memang Tentrem merupakan nama PO bus yang memiliki trayek Surabaya- Malang- Blitar. Awalnya Tentrem merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi, namun lama kelaman perusahaan ini membuka bengkel bodi yang melayani kerusakan maupun perbaikan bodi bus yang sudah uzur maupun juga yang rusak akibat kecelakaan. Karena hasil yang tercipta sangat bagus dan halus maka bengkel bodi ini kemudian berkembang menjadi sebuah perusahaan karoseri. Bahkan PO bus yang terkenal seperti Harapan Jaya memesan secara khusus bodi bis mereka kepada perusahaan Tentrem.  Karoseri Tentrem merupakan salah satu karoseri terbesar di Jawa Timur bahkan di Indonesia. Karoseri ini telah menghasilkan beberapa karya yang sangat menarik, fenomenal dan terkesan mewah yang antara lain :
1.      Scorpion King


Tampak bemper depan dan lampu sein


Bodi Samping

Interior di dalam Scorpion King dengan seat 2-2


Tampak Belakang
Scorpion King merupakan salah satu hasil karya Tentrem Karoseri yang sangat mewah dan indah, model terbaru dari tentrem karoseri ini diluncurkan pada pertengahan 2010. Model Scorpion King begitu mempesona menurut sebagian orang yang melihatnya. Cirri khas dari model Scorpion King dapat dilihat dari bemper depan yang berbentuk seperti lengkungan yang indah dan di sisi kanan kirinya ada Head Lamp yang berjumlah 3 di setiap sisinya. Keindahan dari jenis ini dapat dilihat apabila malam hari ketika lampu tengah menyala. Kerlip lampu menambah kesan mewah dan indah dari bus ini ketika menyusuri jalanan.





2.      Actor
Varian Actor juga masih terbilang baru dan belum banyak PO yang menggunakan varian jenis ini.  Ciri khas dari varian ini bisa dilihat dari bemper depan, spion dan bemper belakang yang dapat dikatakan begitu sangar dan garang. Bus Harapan Jaya merupakan salah satu PO pertama yang mempelopori jenis Actor ini selain Harapan Baru dan PO Tentrem sendiri. Keindahan dari Actor dapat dilihat pula ketika malam hari ketika lampu depan dan lampu yang ada di spion menyala Nampak begitu anggun dan sangar. Selain itu untuk bemper depan begitu khas dengan adanya semacam garis penghubung di sisi kanan dan kiri yang mengarah ke head lamp. Bemper belakang juga sangat khas dengan lekukan dan tulisan Actor di antara lampu sein sendiri yang berbentuk vertical.

254706_2353426600273_1388410450_4343571_4300618_n.jpg
Bemper depan

v3.jpg
Bodi tampak samping yang indah diantara kegelapan

308418_2353422240164_1388410450_4343563_3935833_n.jpg
Actor Nampak dari belakang



3.      Galaxy
Galaxy juga merupakan salah satu varian dari Tentrem Karoseri yang berbeda dengan varian Tentrem yang lain. Perbedaan ini dapat dilihat dari bodi bus yang lebih tinggi, penempatan pintu tengah dan belakang selain juga lampu depan yang ketika menyala seolah seperti mata. Selain itu perbedaan dari yang lainnya adalah penempatan Air Suspensionnya yang berada di atas bodi bus. Namun untuk bemper belakang tidak jauh berdeda dengan yang karoseri yang lain.

 HAFANA.jpg  wwwbejeucom.jpg
Galaxy Nampak Depan
IMG-2885.jpg  malinofromback.jpg
Bodi belakang
4.      Jupiter Li
Jupiter Li merupakan merupakan produk teranyar dari Tentrem Karoseri, model jenis ini mengedepankan bodi bus yang lebih tinggi dan kuat daripada dengan yang lainnya. Pada bagian depan tidak ada corak khas seperti Actor namun antara head lamp kanan kiri terdapat suatu penghubung yang tidak ditemui dengan varian Tentrem yang lain dan diantar head lamp terdapat banyak lampu kecil-kecil yang menambah indah ketika malam. Ciri khas dari jenis ini adalah di sisi kanan kiri bodi terdapat 3 garis yang berada di bawah kaca terdepan. Selain itu ada juga lengkungan di sisi kanan kiri bodi yang menambah keindahannya dan juga terdapat semacam punuk yang berada di atas bodi bus.

34j920x.jpg DSC00580.jpg
Bodi depan yang begitu indah dengan banyak lampu

IMG_5536640x480.jpg         New-Indah-Jupiter.jpg
Bodi dari Jupiter Li


(gambar diambil dari www.bismania.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar