Jumat, 20 April 2012

Awal Transportasi

Pengangkutan barang-barang, pada awalnya hanya dilakukan oleh orang dengan menggunkan tangan dan kakinya. Kaki digunakan untuk memindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain dan tangan untuk memegang barang. Kemudian setelah adanya teknologi dan inovasi perkembangan menjadi sangat kompleks. Setelah manusia dapat menjinakkan hewan mereka menggunakan hewan tersebut sebagai tunggangan ataupun juga dimanfaatkan sebagai alat transportasi.
Cara yang digunakan adalah dengan meletakkan barang di atas punggung hewan tersebut.

Namun ketika barang yang dipindahkan itu berukuran besar maka dibutuhkanlah alat transportasi yang besar pula. Untuk itu lama-kelamaan karena kebutuhan manusia yang semakin mendesak maka terciptalah alat transportasi yang lain seperti gerobak yang dapat mengangkut banyak barang. Awalnya gerobak hanya berupa papan yang disusun sedemikian rupa yang dapat mengangkut banyak barang. Papan yang ada untuk membawa barang ini awalnya sangat membantu manusia dalam kegiatan pemindahannya namun lambat laun ini mengalami kendala apabila melewati daerah bebatuan dan terjal. Seringkali barang yang diangkut itu jatuh dan tidak \jarang mengalami kerusakan. Ini mengakibatkan diadakannya modifikasi terhadap gerobak itu. Modifikasinya adalah dengan menambahkan roda dibawah papan tersebut agar gerobak dapat bergerak dengan mudah dan lancar apabila melewati jalan yang terjal.
Sebelum itu lebih baik kita mengetahui dulu bagaimana roda awalnya ditemukan sehingga dapat memberikan kemudahan bagi pengangkuta yang ada di darat. Roda awalnya ditemukan di Mesopotamia pada akhir abad ke 4000 SM. Ini dibuktikan dengan cap silinder dari batu yang memiliki berbagai macam desain kemudian mengalami perkembangan yang lebih kompleks. Penggunaan roda dari bahan batu tidak terlalu menguntungkan karena batu itu berat maka agak susah untuk memindahkan roda dari batu. Setelah mengalami berbagai macam penemuan maka terciptalah roda sederhana yang terbuat dari kayu yang berbetuk bulat. Kayu ini lebih menguntungkan daripada batu karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan ringan apabila ingin memindahkannya.
Roda dari kayu ini yang digunakan sebagai tambahan dari gerobak ini menjadikan pekerjaan menjadi lebih efisien dan singkat. Semenjak saat itu mulailah transportasi darat sederhana yang dilakukan oleh manusia pada masa itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar